Senin, 16 Mei 2016

Workshop Quality Risk Management, Laboratory Design, dan Rakerda Hisfarin Jawa Timur 2016

Quality Risk Management. Satu kalimat yang mulai populer dikalangan industri dan menjadi trend karena telah menjadi bagian dalam CPOB dan CPOTB.

Demikian juga dengan disain lab yang ternyata tidak dapat dianggap remeh karena laboratorium wajib dirancang dan dibangun sesuai dengan peraturan keselamatan lab dan alur kerja.

Mengingat hal tersebut, maka Hisfarin Jatim telah mengadakan Workshop Quality Risk Management, Laboratory Design, yang menjadi satu rangkaian dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Hisfarin Jatim tahun 2016. Penyaji dalam workshop ini adalah para praktisi yang telah mahir di bidangnya antara lain :
1. ITS Science Indonesia
2. TSU
3. PT Kalimaya
4. Drs Ganggas Cahyono, MBA, Apt

Oleh karena dukungan dan partisipasi dari beberapa vendor dan UNIKA Widya Mandala selaku penyedia sarana kegiatan, maka panitia mampu membebaskan biaya kepesertaan.


Bertempat di Gedung Theatre Unika Widya Mandala
Kampus 3 Pakuwon, Kenjeran, Surabaya, Workshop ini dihadiri oleh 125 peserta dari industri farmasi, obat tradisional dan
kosmetik dan 25 undangan dari institusi pendidikan dan pemerintahan. Dengan kemegahan ruangan dan tingginya kualitas sistem penunjang lain (audio visual) membuat peserta merasa nyaman dalam mengikuti workshop ini.


Workshop pertama yang disampaikan oleh ITS Science ini membahas pentingnya disain laboratorium yang memenuhi persyaratan dan keergonomisan proses analisa. Selain itu, banyak pula ditampilkan contoh kesalahan-kesalahan dalam melakukan disain dan pembangunan lab sehingga diharapkan peserta tidak mengikuti kesalahan yang umum dilakukan.



Dilanjutkan dengan workshop kedua yang disampaikan oleh PT TSU yang menyampaikan disain tata udara dan pengolahan limbah industri. Workshop ini membahas penggunaan sistem pendingin khusus Ruang Bersih (Clean room) untuk disain tata udara dan penjelasan mengenai cara-cara pengolahan limbah industri terutama industri farmasi.



Workshop yang paling ditunggu oleh peserta kali ini adalah Quality Risk Management yang disampaikan oleh Drs. Ganggas Cahyono, MBA., Apt. dari PT Pfizer Indonesia. Beliau (yang juga merupakan Ketua Hisfarin PP IAI) menjelaskan secara gamblang mengenai apa itu QRM dan bagaimann aplikasinya di industri terkait pemenuhan CPOB dan CPOTB.
Peserta menyimak penjelasan P Ganggas dengan antusias dan beberapa pertanyaan yang sering menjadi permasalahan pada aplikasi QRM di lapangan juga terjawab dengan jelas dan lugas.
Di akhir acara workshop dilakukan juga penyelesaian studi kasus yang biasanya terjadi di industri.








Setelah hampir seharian penuh melakukan workshop, tibalah saatnya Hisfarin Jatim melakukan Rapat Kerja Daerah, dimana Drs. Adi Suroso, Apt selaku Ketua Hisfarin PD Jawa Timur memaparkan hasil kegiatan yang dilakukan selama tahun 2015 hingga 2016 dan rencana kegiatan untuk satu tahun yang akan datang.
Dalam Rakerda ini juga disinggung mengenai keanggotaan online dimana IAI PD Jawa Timur telah memprakarsai pendataan dan sistem administrasi online yang sangat berguna bagi apoteker di Jawa Timur.

Berikut ini adalah seluruh materi yang ditampilkan pada kegiatan Workshop dan Rakerda Hisfarin PD Jawa Timur.

1. Disain Laboratorium ==>http://bit.ly/1WzOvyG
2. Disain tata Udara dan Pengolahan Limbah Cair
    Tata Udara ==>http://bit.ly/27qA9Ux
    Limbah Cair ==>http://bit.ly/1qmL2oL
3. Disain Dinding partisi ==>http://bit.ly/Partisi
4. Quality Risk Management ==> http://bit.ly/27qClvb
    Study kasus QRM ==>http://bit.ly/1Xe4qRG
5. Pendaftaran Online IAI Jawa Timur ==> http://bit.ly/27qD7IA
6. Fume Hood Design ==> http://bit.ly/Fumehood

Cara Download :
1. Klik link di masing-masing materi
2. Akan keluar tampilan seperti ini :
3. Klik link yang ditanda panah, file akan otomatis terdownload.
4. Close window iklan yang muncul


Hisfarin Jatim

2 komentar:

Berkomentarlah dengan bijak.