Rabu, 20 Mei 2015

Apakah Itu Borang

Borang,

Saat ini seluruh Apoteker Indonesia menemui istilah ini. Semua ramai membicarakannya, Banyak yang manggut-manggut, sebagian geleng-geleng, dan tak sedikit pula mengernyitkan dahi.

Hampir seluruh Pengurus Cabang, Pengurus Daerah bahkan Himpunan Seminat Farmasi seakan berlomba-lomba untuk menjelaskan, apakah itu Borang.

Borang ini adalah bentuk permintaan dan Self Assesment dari apoteker untuk pengajuan resertifikasi Kompetensi Apoteker.
Berbeda dari penilaian Kompetensi Apoteker di tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan Uji Kompetensi sebagai dasar penerbitan sertifikat, mulai tahun ini seluruh apoteker yang habis dan akan habis Sertifikat Kompetensi-nya akan menempuh penilaian :
- Kinerja Profesional
- Kinerja Pembelajaran
- Kinerja Pengabdian masyarakat
- Kinerja Publikasi Ilmiah
- Kinerja Pengembangan Ilmu
Perolehan maksimum masing-masing kinerja diatur oleh KM 889 dan KFN selaku penyelenggara Kompetensi Apoteker di Indonesia.

Berikut ini adalah contoh Borang yang didapatkan pada saat SOSIALISASI MEKANISME RESERTIFIKASI APOTEKER DI INDUSTRI DAN QUALITY RISK MANAGEMENT yang diadakan oleh Himpunan Seminat Farmasi Industri Jawa Timur pada tanggal 25 April 2015.


Borang Apoteker

Untuk lebih jelasnya, Borang bisa didapatkan di PC, PD, maupun Himpunan Seminat IAI yang ada di daerah masing-masing.

Didalam Borang ini (terutama untuk bagian Industri) disebutkan pembobotan nilai SKP untuk masing-masing kinerja tersebut diatas selama lima tahun yang akan diperiksa dan dinilai oleh Tim Resertifikasi IAI daerah apabila telah diisi oleh Apoteker Pemohon dan dilengkapi bukti-bukti pendukung penilaian (Prosedur Tetap yang telah dibuat, Laporan Pelaksanaan Kegiatan, Bukti Kegiatan-Kegiatan yang telah diikuti, Sertifikat Partisipasi / Peserta / Panitia, dan lain-lain)

Dengan adanya Borang ini, sudah saatnya kita sebagai apoteker beralih ke paradigma baru dalam peningkatan kompetensi kita sebagai Apoteker Indonesia.

Jayalah Apoteker Indonesia

Hisfarin Jawa Timur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak.